Kamis, 31 Juli 2014

Inilah Cara Perluas Ruangan

E-mail Cetak PDF

(BeritaBangunan) Anda memiliki hunian berukuran mungil? Syukurilah apa yang Anda punyai itu. Jika selama ini Anda merasa ruang tamu atau ruang keluarga Anda begitu sempit jangan salahkan rumah mungil Anda. Mungkin Anda perlu menata ruangan yang ada agar terkesan luas.Ingat! Ruangan akan semakin terasa sempit bila terlalu banyak dinding pemisah.

Untuk ruang tidur dan kamar mandi, dinding masif terbilang mutlak. Tetapi dinding di ruang tamu, keluarga dan ruang makan mungkin bisa dikurangi agar rumah Anda terasa lega dan nyaman.
Ruangan yang mungil harus disikapi dengan bijak, agar aktivitas dalam rumah tertampung dalam rangkaian ruang yang harmonis dan sekaligus memenuhi prinsip-prinsip arsitektur rumah sehat dengan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang memadai.
Idealnya rumah di daerah beriklim tropis pembatas ruang atau zona tidak harus tembok karena dapat mengorbankan sirkulasi udara dan pencahayaan. Akibatnya rumah terasa panas, sumpek dan lembab.

Anda perlu bukaan lebar yang dapat diterapkan di ruang tamu dan ruang makan berupa pintu geser atau pintu folding. Dengan bukaan lebar, dua hal sekaligus dapat tercapai yakni pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang memadai dan ruangan yang bisa diperluas manakala dibutuhkan kalau ada arisan, pesta keluarga atau pengajian.

Banyak rumah modern yang memperkecil ruang tamu bahkan menghilangkannya karena jarang menerima tamu yang perlu ruang tamu khusus. Karenanya ruang tamu jarang dipakai. Nah dalam hal ini sebuah partisi yang dapat dipindahkan/digeser/dilipat adalah salah satu pilihan.
Anda bisa juga menciptakan dekorasi rumah yang menimbulkan kesan pembeda ruang tetapi cahaya dan sirkulasi udara tidak dikorbankan. Dalam hal ini Anda dapat membuat banyak kreativitas dengan menciptakan sebuah partisi imaginer yang terbuat dari kayu bekas, dolken.

Ada juga pembeda ruang tanpa harus membuat partisi. Selembar karpet lebar di ruang keluarga sudah mengesankan pembedaan ruang dengan ruang lainnya. Atau jenis keramik/warna cat dinding yang berbeda dari satu ruang ke ruang lain. Ini pun dapat menimbulkan kesan yang diinginkan.
Selamat mencoba.


 



Kabarkan teman anda..
 

CetakCepat.Net @BeritaBangunan